Sebuah penelitian berjudul ” Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD 01 Samarinda.
Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Rumus:
Prestasi Belajar | Motivasi belajar | Jumlah | ||
Tinggi | Sedang | Rendah | ||
Baik | 18 | 12 | 10 | |
Cukup | 34 | 43 | 33 |
Kurang
10
10
30
Jumlah
200 =N
Cara kerjanya penghitungan korelasi Phi, dari data tersebut di atas diperoleh nilai x²=18.7194.
Cara memberikan interpretasi nilai C terlebih dahulu harus diubah menjadi Phi, yaitu:
=
, dari hasil tersebut
![clip_image022[8] clip_image022[8]](http://lh3.ggpht.com/-cJwYyKT9_xs/UXpSPOU4wpI/AAAAAAAAD78/k2_qPmakN3M/clip_image022%25255B8%25255D_thumb.gif?imgmax=800)

selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel r, dengan df=200-2 (198), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai r tabel 0.138, dan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai 0.181. Berarti nilai phi lebih kecil dari pada nilai r tabel (0.036<0.138), jadi Hipotesa Nol diterima, artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
0 Comments