Berikut ini adalah contoh laporan PPL, semoga Bermanfaat. data dalam artikel ini terbagi menjadi tiga halaman. masing-masing sya pisah karena file yang sya upload terlalu banyak, sehingga saya pisah ke bagian lain. oke kita lansung saja, dari halaman pertama.
HALAMAN I. LAPORAN PPL
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI
SMK NEGERI 1 SANGATTA UTARA
LAPORAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Jurusan Tarbiyah
GAMBAR COVER
Disusun
oleh
Dedi
Arman NIM. 08.01.0088
Sunarti NIM.
08.01.0039
Aina
Listiani NIM. 07.01.0046
Erni
Rusmawardani NIM.
08.01.0016
Nurhana binti Abustan NIM.
08.01.0042
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN
TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SANGATTA
2011
HALAMAN PENGESAHAN
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Bersama
ini kami sampaikan, bahwa setelah meneliti dan memeriksa laporan hasil Praktik
Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur pada
tanggal 17 Oktober s/d 30 Nopember 2011
di SMK Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur yang disusun oleh:
No
|
N a m a
|
N I M
|
Jabatan
|
1
|
Dedi Arman
|
08.01.0088
|
Ketua
|
2
|
Sunarti
|
08.01.0039
|
Sekretaris
|
3
|
Erni Rusmawardani
|
08.01.0016
|
Anggota
|
4
|
Nurhana Binti Abustan
|
08.01.0042
|
Anggota
|
5
|
Aina Listiani
|
07.01.0046
|
Anggota
|
Maka, dapat Kami terima dan disetujui. Karena itu,
mohon dengan hormat kepada Ketua Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur
berkenan menerima hasil laporan Praktik Pengalaman Lapangan.
Wassalamualaikum wr. Wb.
Sangatta, 11 Desember 2011
1. Guru Pamong I Zakari
Ulinuha, S.Sos.I………………......
Guru Pamong II Ibus,
S.Sos.I …………………...
Guru Pamong III Siti
Kusmiatun, S.Pd …………………..
2.
Kepala
Sekolah Drs.
H. Nurullah, M.Pd ……….......... .......
3.
Dosen
Pembimbing Lapangan Zanuar
Anwari, Lc, M.S.I ……………….
Mengetahui
Kajur,
Khusnul Wardan, M.Pd
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya, sehingga kami mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur dapat
melaksanakan serta menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun
Akademik 2011/2012 ini dengan baik.
Pelaksanaan serta
penyusunan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini terlaksana dengan baik
dan lancar adalah berkat kerjasama rekan-rekan Tim PPL serta tidak lepas dari
bantuan dan dukungan yang besar dari keluarga besar SMKN 1 Sangatta Utara dan
segenap dosen Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur. Oleh karena itu, perkenankanlah
kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Prof. Dr. Hj. Siti Muri’ah selaku
Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur.
2.
Drs. Mustajib Daroini, M.M.Pd.,
Surono Achmad, M.S.I., Mustatho’, M.Pd.I., Eko Nursalim, M.S.I., Taufikin,
M.S.I., Zanuar Anwari, Lc.,M.S.I Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang
telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan PPL.
3.
Bapak Drs. H.Nurullah, M.Pd dan
Bapak Abu Bakar S. Pd, Selaku Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMKN 1
Sangatta Utara.
4.
Seluruh Bapak dan Ibu Guru Pamong
yang telah memberikan bimbingan dan membantu kami selama pelaksanaan PPL.
5.
Segenap staf Tata Usaha dan karyawan di jajaran SMKN 1
Sangatta Utara.
6.
Seluruh pengurus OSIS serta siswa
dan siswi SMKN 1 Sangatta Utara.
7.
Segenap pihak yang terkait yang
tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu berjalannya proses
pelaksanaan PPL.
Dan
akhir kata atas nama rekan-rekan tim PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan
Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur mengucapkan banyak
terima kasih atas kesempatan serta bantuan semua pihak yang diberikan dengan
tulus ikhlas kepada kami semua, serta kami mohon maaf yang sebesar-besarnya
apabila selama pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan baik dalam perbuatan dan
perkataan kami, dirasa kurang berkenan dan masih terdapat banyak kekurangan dan
kesalahan dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang kami miliki .
Sangatta,
01 Desember 2011
Tim Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL.................................................................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN ................................................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR................................................................................................................................. iii
DAFTAR
ISI ............................................................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang............................................................................................................... 1
B.
Tujuan dan
Manfaat....................................................................................................... 2
C.
Personalia PPL............................................................................................................... 3
D.
Sistematika
Penyusunan Laporan.................................................................................. 5
BAB
II DESKRIPSI SEKOLAH
A.
Sejarah
Pendirian .......................................................................................................... 6
B.
Visi
dan Misi ................................................................................................................ 8
C.
Struktur
Organisasi....................................................................................................... 9
D.
Keadaan Guru,
Siswa dan Karyawan........................................................................ 10
E.
Kurikulum..................................................................................................................... 18
F.
Sarana dan
Prasarana..................................................................................................... 19
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
A.
Pra
Pelaksanaan PPL..................................................................................................... 22
1.
Pembekalan (Coaching)....................................................................................... 22
2.
Pembentukan
Panitia Peserta PPL........................................................................ 23
B.
Saat
Pelaksanaan PPL
1.
Persiapan
Penyusunan Silabus dan RPP.............................................................. 23
2.
Praktek
Mengajar di kelas ................................................................................... 23
3.
Proses
Bimbingan dengan Guru Pamong............................................................ 24
C.
Pasca
Pelaksanaan PPL
1.
Refleksi Hasil
Pembelajaran................................................................................. 25
2.
Evaluasi ............................................................................................................... 26
a.
Faktor
Pendukung ..................................................................................... 26
b.
Faktor
Penghambat..................................................................................... 26
c.
Solusi ......................................................................................................... 27
BAB
IV PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................................ . 28
B.
Saran-saran ............................................................................................................... . 28
LAMPIRAN
Lampiran 1 Silabus Mata Pelajaran
Lampiran 2 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Lampiran 3 Jadwal Kegiatan Mengajar Per Kelompok
Lampiran 4 Jurnal Praktek Mengajar
Lampiran 5 Absensi
Lampiran 6 Dokumentasi
Kegiatan
Lampiran 7 Biodata
Peserta PPL
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan selalu diarahkan untuk pengembangan
nilai-nilai kehidupan manusia. Di dalam pengembangan nilai tersirat pengertian
manfaat yang ingin dicapai oleh manusia di dalam hidupnya. Jadi, apa yang ingin
dikembangkan merupakan apa yang dapat dimanfaatkan dari arah pengembangan itu
sendiri.
Dalam hal pengaruh pendidikan terhadap masyarakat pada
dasarnya tergantung kepada luas tidaknya produk serta kualitas pendidikan itu
sendiri. Semakin besar out put
pendidikan tersebut dengan disertai kualiatas yang mantap, dalam artian mampu
mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, maka tentu saja pengaruhnya
sangat positif bagi masyarakat. dengan demikian bila pendidikan dimaksud mampu
melahirkan produk-produknya yang berkualitas tentu saja hal ini merupakan
investasi bagi penyediaan SDM. Investasi ini sangat penting untuk pengembangan
dan kemajuan masyarakat dalam hal ini dapat mencetak generasi yang berkualitas[1]
PPL mempunyai sasaran agar mahasiswa praktikan memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat menunjang
tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,profesional, dan dan
kompotensi sosial. Mahasiswa praktikan harus melaksanakan seluruh komponen
tugas dan kegiatan PPL sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mahasiswa PPL
bukan pengganti guru mengajar di sekolah latihan atau pamong di tempat latihan
lainnya. Dalam hal in praktikan dibimbing dan dilatih untuk melakukan proses
pembelajaran dari menyiapkan rencana pembelajaran maupun menganalisis hasil
pembelajaran yang diampu oleh masing-masing guru praktikan. Pembimbingan
mahasiswa PPL harus secara intensif dan sistematis oleh guru pamong dan dosen
pembimbing yang memenuhi syarat untuk tugas-tugas bimbingan.
Pada satu sisi, profesionalisme guru keberadaannnya dalam
pembangunan sangat dibutuhkan, di mana pengejawantahannya membutuhkan proses
yang berkesinambungan dengan latihan-latihan dan pengamatan-pengamatan secara
langsung. Hal ini tidak semata-mata untuk dimiliki dan diketahui, tetapi
sekaligus sebagai dasar pijakan awal untuk pembelajaran pendidikan dan
pengajaran berikutnya sebagai guru yang professional.
B.
Tujuan
dan Manfaat
1.
Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan
Berdasarkan
latar belakang pemikiran di atas, maka tujuan yang hendak di capai dalam PPL
ini adalah sebagai berikut :
a.
Membimbing mahasiswa kearah
terbentuknya pribadi yang memiliki ketrampilan mengajar dan terampil pula dalam
melaksanakan tugas-tugas administrasi yang berhubungan dengan tugasnya
sehari-hari sebagai pendidik.
b.
Mengarahkan mahasiswa sebagai calon
pendidik agar mampu mengembangkan ilmu agama Islam sesuai dengan profesi yang
dimilikinya, sehingga dapat memperoleh bermacam-macam pengalaman sensoris,
intelektual, spiritual, maupun emosional.
c.
Membimbing mahasiswa sebagai calon
pendidik kearah terbentuknya pribadi yang memiliki nilai, sikap pengetahuan,
pengalaman dan ketrampilan yang diperlukan dalam pembentukan profesi pendidik
agama Islam.
d.
Membentuk kepribadian mahasiswa
sebagai calon pendidik agama Islam yang berkualitas prima, setia kepada
profesinya, menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip Ilmu kependidikan
dan keislaman yang selaras dengan arah
tujuan nasional.
2.
Manfaat PPL
Manfaat
yang diperoleh dari kegiatan PPL, ini adalah sebagai berikut
a. PPL
dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi calon guru yang dapat digunakan
sebagai bekal untuk praktek secara langsung di tempat mengajar yang lebih riil.
b.
PPL memberikan masukan yang
berharga bagi calon guru mengenai kelebihan dan kekurangan calon guru yang
bersangkutan. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki
kekurangannya.
C. Personalia PPL
Personalia kegiatan PPL
Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur
adalah penanggung jawab, pengarah, Ketua Pelaksana, Sekretaris, Dosen
Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah Praktik, Guru Pamong dan tenaga
Administrasi. Adapun tugas dan kewajibannya adalah sebagai berikut:
1.
Penanggung Jawab (Ketua)
a.
Bertugas melaksanakan fungsi
manajemen tertinggi yang meliputi: perencanaan, pengawasan, dan penyempurnaan
bagi tercapai nya tujuan PPL Jurusan
Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur.
b.
Bertanggung jawab kepada ketua
STAIS Kutai Timur.
2. Ketua
Pelaksana (Kajur)
a.
Bertindak sebagai ketua harian dalam
pelaksanaan PPL.
b.
Merencanakan, membuat
keputusan-keputusan, mengarahkan dan menyempurnakan kegiatan PPL.
c.
Menyusun proposal, mengurus
perijinan, konsultasi ke sekolah-sekolah praktik atau instansi yang terkait.
d.
Mengadakan rapat-rapat persiapan
dan pelaksanaan PPL.
e.
Bertanggung jawab kepada pembantu
ketua I (puket I).
3. Sekretaris
a.
Bertindak sebagai sekretaris harian
dalam pelaksanaan PPL.
b.
Bersama koordinator, merencanakan
dan mengarahkan pelaksanaan PPL .
c. Membantu
koordinator dalam menyusun proposal, mengurus perijinan, konsultasi ke
sekolah-sekolah atau instansi terkait.
d.
Menyiapkan rapat rapat persiapan
dan pelaksanaan PPL.
e.
Bertanggung jawab kepada koordinator.
4.
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
a.
Menghadiri rapat-rapat koordinasi
dikampus maupun di sekolah-sekolah praktik.
b.
Mengikuti acara pemberangkatan,
penyerahan dan penarikan peserta PPL di sekola-sekolah praktik.
c.
Membimbing peserta PPL dalam
persiapan dan kegiatan di kampus.
d.
Memberikan penilaian dan menyerahkan kepada
penanggung jawab nilai (Sekjur).
5. Kepala
Sekolah Praktik
a.
Mengelola dan mengawasi pelaksanaan
PPL disekolah.
b.
Mengadakan rapat-rapat koordinasi
disekolah praktik.
c.
Memberikan penilaian terhadap
peserta PPL dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan lainnya.
d.
Memberiakan informasi tentang
permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan PPL.
6.
Guru Pamong
a.
Menghadiri rapat-rapat koordinasi.
b.
Memberikan tugas mengajar kepada mahasiswa dan men gatur jadwalnya.
c.
Memberikan penilaian terhadap
mahasiswa, dalam kegiatan praktik mengajar kemudian menyerahkannya kepada
koordinator.
d.
Membimbing mahasiswa dalam semua
kegiatan PPL.
7.
Tenaga Administrasi
a.
Membuat surat-surat pengantar atau
surat lainnya.
b.
Mengetik, menggandakan bahan-bahan
PPL.
c.
Mengerjakan hal-hal lain yang
diperlukan.
8.
Peserta PPL
a.
mempersiapkan
RPP
b.
Membuat silabus
c.
Melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL)
D.
Sistematika Penyusunan
Laporan
Sistematika laporan
PPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti dan
bagian akhir. Masing-masing bagian dapat dirinci sebagai berikut:
Di bagian awal berisi halaman judul, halaman pengesahan,
kata pengantar dan daftar isi
Bab satu
pendahuluan berisi latar belakang, tujuan dan manfaat, personalia PPL, sistematika penyusunan laporan,
Bab dua
deskripsi sekolah berisi sejarah pendirian , visi dan misi, struktur organisasi, keadaan guru, siswa dan karyawan,
kurikulum, sarana dan prasarana
Bab tiga
pelaksanaan praktik pengalaman lapangan
berisi pra pelaksanaan PPL,
pembekalan (coaching);
pembentukan panitia peserta PPL,
saat pelaksanaan PPL,
persiapan penyusunan silabus dan RPP,
praktek mengajar di kelas,
proses bimbingan dengan guru pamong,
pasca pelaksanaan PPL,
refleksi hasil pembelajaran,
evaluasi , faktor pendukung, faktor penghambat, solusi.
Bab
empat penutup, berisi kesimpulan,
saran-saran,
serta
0 Comments