Thursday, 24 April 2014

SKRIPSI: HUBUNGAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SANGATTA



A.        Latar Belakang Masalah
                Pelayanan merupakan kegiatan pemberian layanan kepada pengunjung perpustakaan sekolah dalam menggunakan buku-buku dan bahan pustaka lainnya. Pengunjung perpustakaan sekolah pada dasarnya meliputi mahasiswa, siswa, guru-guru, dosen dan staf sekolah lainnya. Pelayanan kepada pengunjung tersebut dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya apabila pelayanan teknisnya dikerjakan dengan sebaik-baiknya pula. Misalnya semua buku-buku dicatat dalam buku induk, diklasifikasi menurut sistem klasifikasi tertentu, setiap buku dibuatkan kartu katalog dan label buku, setiap buku dilengkapi dengan kartu buku, slip tanggal dan sebagainya[1].
   Sebagai sebuah unit kerja perpustakaan terdiri dari beberapa bagian seperti pengadaan bahan pustaka, pengelolaan bahan pustaka, dan bagian layanan bahan pustaka. Masing-masing bagian saling terkait dan dengan demikian layanan kepada pemakai bukan satu-satunya kegiatan di perpustakaan. Bagian layanan selalu berhubungan dengan pemakai dan merupakan ujung tombak dari setiap kegiatan perpustakaan.
Tujuan akhir dari didirikannya sebuah perpustakaan adalah untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan
sebaik-baiknya oleh pemakai.perpustakaan didirikan memang untuk melayani pemakai. Oleh sebab itu, kebutuhan pemakai perpustakaan selalu diperhatikan. Tidak ada artinya jika koleksi yang telah dikumpulkan dan disajikan kepada pemakai ternyata tidak dimanfaatkan secara maksimal. Perpustakaan yang hanya berfungsi sebagai tempat penyimpangan buku-buku saja tidak layak disebut dengan perpustakaan. Tujuan akhir perpustakaan tidak hanya mengumpulkan buku atau koleksi lainnya. Jika koleksi perpustakaan kurang dimanfaatkan semaksimal mungkin, maka keberadaan perpustakaan kurang bermanfaat. Penggunaan koleksi perpustakaan secara maksimal dapat dicapai jika perpustakaan ditangani dengan baik dan benar, dan perpustakaan menjalankan kegiatan-kegiatan penyebaran informasi secara dinamis. Kegiatan tersebut perlu ditunjang dengan kegiatan lainnya yaitu promosi perpustakaan penciptaan lingkungan untuk mendukung terciptanya iklim yang mampu menumbuhkan peningkatan minat dan gairah membaca[2].
Perlu diperhatikan juga bahwa keberadaan perpustakaan memberikan pada kontribusi pada kegiatan pembelajaran, terutama sekali meningkatkan minat baca. Dengan tersedianya berbagai sumber bacaan seyogyanya dapat meningkatkan minat baca terutama bagi mahasiswa.
Untuk File Lengkapnya Silahkan DOWNLOAD


[1] Ibrahim, Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2008 ), hal. 124
                      [2] Darmono, Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Gramedia,  2007), hal. 163-164

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved