A.
Latar
Belakang Masalah
Pelayanan merupakan kegiatan pemberian
layanan kepada pengunjung perpustakaan sekolah dalam menggunakan buku-buku dan
bahan pustaka lainnya. Pengunjung perpustakaan sekolah pada dasarnya meliputi
mahasiswa, siswa, guru-guru, dosen dan staf sekolah lainnya. Pelayanan kepada
pengunjung tersebut dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya apabila
pelayanan teknisnya dikerjakan dengan sebaik-baiknya pula. Misalnya semua
buku-buku dicatat dalam buku induk, diklasifikasi menurut sistem klasifikasi
tertentu, setiap buku dibuatkan kartu katalog dan label buku, setiap buku
dilengkapi dengan kartu buku, slip tanggal dan sebagainya[1].
Sebagai
sebuah unit kerja perpustakaan terdiri dari beberapa bagian seperti pengadaan
bahan pustaka, pengelolaan bahan pustaka, dan bagian layanan bahan pustaka. Masing-masing
bagian saling terkait dan dengan demikian layanan kepada pemakai bukan
satu-satunya kegiatan di perpustakaan. Bagian layanan selalu berhubungan dengan
pemakai dan merupakan ujung tombak dari setiap kegiatan perpustakaan.
Tujuan akhir
dari didirikannya sebuah perpustakaan adalah untuk mendayagunakan agar koleksi
yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan
sebaik-baiknya
oleh pemakai.perpustakaan didirikan memang untuk melayani pemakai. Oleh sebab
itu, kebutuhan pemakai perpustakaan selalu diperhatikan. Tidak ada artinya jika
koleksi yang telah dikumpulkan dan disajikan kepada pemakai ternyata tidak
dimanfaatkan secara maksimal. Perpustakaan yang hanya berfungsi sebagai tempat
penyimpangan buku-buku saja tidak layak disebut dengan perpustakaan. Tujuan akhir perpustakaan tidak hanya mengumpulkan buku
atau koleksi lainnya. Jika koleksi perpustakaan kurang dimanfaatkan semaksimal
mungkin, maka keberadaan perpustakaan kurang bermanfaat. Penggunaan koleksi
perpustakaan secara maksimal dapat dicapai jika perpustakaan ditangani dengan
baik dan benar, dan perpustakaan menjalankan kegiatan-kegiatan penyebaran
informasi secara dinamis. Kegiatan tersebut perlu ditunjang dengan kegiatan
lainnya yaitu promosi perpustakaan penciptaan lingkungan untuk mendukung terciptanya
iklim yang mampu menumbuhkan peningkatan minat dan gairah membaca[2].
Perlu diperhatikan juga bahwa keberadaan perpustakaan
memberikan pada kontribusi pada kegiatan pembelajaran, terutama sekali
meningkatkan minat baca. Dengan tersedianya berbagai sumber bacaan seyogyanya
dapat meningkatkan minat baca terutama bagi mahasiswa.
Untuk File Lengkapnya Silahkan DOWNLOAD
0 Comments