Thursday, 3 December 2015

Program Kemdikbud Untuk Anak Disabilitas

Pendidikan adalah milik siapa saja, tidak terkecuali bagi mereka yang berstatus penyandang disabilitas. Disabilitas itu sendiri adalah kata lain dari orang yang berkebutuhan khusus.

Setiap individu memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan, maka dari itu hendaknya tidak ada lagi pengelompokan-pengelompokan anatara yang berkebutuhan khusus dan yang non disabilitas, masing-masing dari kita layak memiliki hak pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Sebagai upaya pemerintah dalam memperhatikan anak-anak yang berkebutuhan khusus, pemerintah dalam hal ini Kemdikbud akan terus mengupayakan peningkatan pendidikan bagi mereka yang menyandang disabilitas melalui program-program yang dicanangkan oleh kemdigbud.


Salah satu upaya peningkatan pendidkan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah menyelenggarakan sejumlah program. Seperti, Pameran Internasional Pendidikan yang diadakan di Yogyakarta. Pada acara tersebut, masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi seputar pendidikan.

“Anak berkebutuhan khusus sering kesulitan mencari akses sekolah. Oleh sebab itu, kita harus bantu anak yang dicintai ini untuk bisa mendapatkan akses pendidikan,” ungkap Mendikbud Anies Baswedan, seperti dikutip dari laman Kemendikbud.

Kemudian di Kendal, Kemendikbud juga meresmikan Sekolah Luar Biasa Surya Bangsa. Di sekolah ini nantinya bisa menampung sebanyak 50 anak berkebutuhan khusus yang berasal dari wilayah Kendal di sekitarnya.

Untuk memperkuat karakter serta mental para anak berkebutuhan khusus, Kemendikbud juga melakukan kegiatan kepramukaan. Kegiatan pramuka ini diselenggarakan di Jambore Cibubur.
Dalam kegiatan tersebut, diharapkan bisa memperkuat karakter anak-anak. Sebab, banyak nilai yang bisa diserap dalam kegiatan ini.

Sumber : okezone

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved